bagikan:  
mandiri kartu kredit
contactless
Merupakan teknologi transaksi yang memungkinkan nasabah melakukan transaksi hanya dengan tap/mendekatkan kartu kredit pada mesin EDC contactless, tanpa harus menggunakan PIN.
Beberapa mandiri kartu kredit contactless adalah Mandiri Visa Classic, Mandiri Visa Gold, Mandiri Visa Platinum, Mandiri Visa Traveloka, Mandiri Visa Shopee, dan Mandiri Visa Signature.

 

Pada desain kartu terdapat logo Contactless yaitu logo sinyal gelombang seperti dibawah ini
Cepat
Nasabah hanya perlu tap/mendekatkan kartu ke mesin EDC tanpa perlu memasukan PIN saat transaksi.

 

Aman
Saat transaksi, kasir tidak perlu pegang kartu sehingga tidak dapat melihat data-data penting (nomor kartu, expiry date, 3 digit ccv, dll).

 

Higienis
Kartu kredit dipegang oleh nasabah sendiri dan tangan tidak perlu menyentuh tombol di mesin EDC seperti saat menggunakan PIN.

 

Nasabah juga dapat menikmati diskon dan promosi menarik di berbagai merchant, seperti Shell, Hypermart, HokBen, dan promo menarik lainnya.

 

Fitur contactless menggunakan teknologi keamanan yang sama dengan kartu kredit ber-chip lainnya. Kartu dengan fitur contactless hanya bekerja ketika di-tap/didekatkan. Nasabah tetap mengendalikan kartu setiap saat, karena kartu kredit tetap berada di tangan nasabah saat bertransaksi sehingga lebih aman karena kasir tidak perlu pegang kartu sehingga tidak dapat melihat data-data penting (nomor kartu, expiry date, 3 digit cvv, dll). Penggunaan fitur contactless pada kartu kredit dapat dilakukan dengan nilai per transaksi di bawah Rp 1 juta. Sedangkan pembelanjaan dengan nilai transaksi ≥ Rp 1 juta, tetap diperlukan otorisasi melalui PIN.
Penggunaan fitur contactless pada kartu kredit dapat dilakukan dengan nilai per transaksi di bawah Rp 1 juta. Sedangkan pembelanjaan dengan nilai transaksi ≥ Rp 1 juta tetap diperlukan otorisasi melalui PIN.

 

  1. Tanyakan pada kasir apakah menyediakan pembayaran dengan fitur contactless, bisa diingatkan kalau terdapat logo sinyal gelombang di mesin EDC.
  2. Apabila ada, infokan kepada kasir bahwa Anda akan bertransaksi dengan fitur tersebut dan siapkan Mandiri Kartu Kredit Contactless Anda.
  3. Pastikan nominal
  4. Tap atau dekatkan Mandiri Kartu Kredit Contactless Anda ke mesin EDC.
  5. Transaksi selesai, dan mintalah bukti pembayaran jika perlu.

 

Bagi nasabah yang memiliki Mandiri Kartu Kredit berikut:
Mandiri Visa Classic, Mandiri Visa Gold, Mandiri Visa Platinum, Mandiri Visa Signature dan Mandiri Visa Golf Platinum
Namun belum memiliki fitur contactless dalam kartu nya, dapat mengajukan replace/re-emboss dengan biaya sebesar Rp 50 ribu.
Opsi lain bagi nasabah adalah menunggu hingga proses renewal kartu yang dimiliki, yang nantinya akan digantikan dengan kartu yang telah dilengkapi fitur contactless secara otomatis sehingga nasabah tidak dikenakan biaya.

 

Adapun untuk Mandiri Visa Traveloka dan Mandiri Visa Shopee sudah memiliki fitur contactless sejak kartu pertama kali diluncurkan.
Hal pertama yang harus dilakukan jika nasabah merasa kehilangan Mandiri Kartu Kredit Contactless adalah menghubugi Mandiri Call 14000 agar dapat dilakukan blokir kartu hilang sehingga kartu yang hilang tersebut tidak dapat digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
Nasabah juga dapat meminta penggantian kartu hilang tersebut setelah melalukan pemblokiran.
Mandiri Call 14000