Tips Aman Menggunakan Mandiri Kartu Kredit



Kehadiran kartu kredit dalam kehidupan tak bisa dipungkiri memberi kemudahan dalam bertransaksi. Kita tak perlu lagi membawa uang tunai dalam jumlah yang banyak kemana - mana terutama saat berebelanja. Kendati demikian, anda tetap harus berhati-hati dan menjaga keamanan dalam penggunaannya, sebab walau bagaimanapun kartu kredit adalah pengganti uang tunai Anda. Untuk meningkatkan keamanan dalam menggunakan kartu kredit, berikut ini kami hadirkan tips aman menggunakan mandiri kartu kredit Anda:

 

Kerahasiaan data

  • Mandiri kartu kredit harus selalu berada dalam pengawasan Anda dan tidak boleh dipindahtangankan termasuk kepada keluarga atau orang terdekat sekalipun mandiri kartu kredit juga tidak boleh ditinggalkan dalam rumah maupun di kantor
  • Jangan pernah memberitahukan PIN Anda pada orang lain karena PIN bersifat rahasia dan hanya Anda yang mengetahui PIN Anda.
  • Jangan pernah memberitahukan informasi data pribadi mengenai mandiri kartu kredit Anda, seperti nama gadis ibu kandung, masa berlaku kartu kredit, 3 (tiga) angka dibelakang kartu, ataupun limit kartu anda kepada pihak yang tidak berkepentingan
  • Jangan pernah memberikan mandiri kartu kredit Anda kepada pihak lain karena Bank Mandiri tidak pernah mengirimkan petugas atau memberikan kuasa kepada pihak lain untuk mengambil mandiri kartu kredit anda  yang merupakan penerima/pemegan kartu kredit yang sah, dengan alasan penggatian kartu, upgrade limit kartu atau penawaran produk/hadiah.

Transaksi

  • Apabila bertransaksi di merchant, pastikan staff merchant dimana anda bertransaksi langsung membawa kartu anda ke tempat kasir dan pastikan juga bahwa mandiri kartu kredit Anda tidak tertinggal di merchant
  • Sebelum menandatangani sales draft, pastikan jumlah transaksi yang tercetak di sales draft telah sesuai dengan jumlah transaksi yang anda belanjakan
  • Apabila anda bertransaksi di dunia maya (on-line), pastikan bahwa tempat anda bertransaksi adalah tempat yang aman dari kemungkinan penyalahgunaan kartu kredit.

Penawaran

  • Apabila Anda mendapatkan tawaran dari merchant dengan mempergunakan telepon, surat ataupun internet, pastikan bahwa Anda telah mengetahui produk dan jasa yang ditawarkan sebelum Anda menyetujui dan memberikan nomor mandiri kartu kredit Anda kepada merchant tersebut.
  • Apabila Anda mendapatkan tawaran dari merchant yang mengatasnamakan Bank Mandiri atau bekerjasama dengan Bank Mandiri terkait pemberian hadiah atau voucher atau membership, mohon untuk tidak memberikan data-data pribadi yang terdapat pada mandiri kartu kredit Anda.
  • Apabila Anda mendapatkan penawaran dari merchant yang mengharuskan Anda menyerahkan kartu kredit beserta data probadi, anda melalui telepon atau petugas akan datang ke alamat rumah atau kantor, mohon Anda tidak memberikannya dan segera menghubungi mandiri call 14000 terlebih dahulu untuk memastikan kebenaran penawaran tersebut.

Kartu Hilang

  • Apabila mandiri kartu kredit Anda hilang, segera melapor ke Mandiri Call 14000 atau (021) 52997777 (24 jam) agar mandiri kartu kredit anda segera diblokir. Hal ini untuk menghindarkan Anda dari penagihan atas transaksi yang tidak Anda lakukan. Selama Anda tidak melaporkan kehilangan mandiri kartu kredit kepada Mandiri Call, maka transaksi yang terjadi sebelum pelaporan akan menjadi tanggung jawab anda sebagai pemegang kartu.
  • Apabila kartu kredit anda hilang di luar negeri, maka anda dapat menghubungi kantor perwakilan Visa Internasional atau Master Card yang ada di negara tersebut.
  • Apabila terdapat tagihan yang tidak sesuai, segera laporkan kepada Mandiri Call selambat-lambatnya 30 hari sejak tanggal cetak lembar tagihan. Apabila setelah 30 hari  tersebut, ternyata tidak ada pengaduan dari Anda, maka tagihan Anda dianggap telah sesuai.