Tips aman bertransaksi kartu kredit saat di luar negeri

Tips Aman & Nyaman Bertransaksi Kartu Kredit Saat Travelling di Luar Negeri

Taukah Anda bahwa memakai mandiri kartu kredit saat travelling di luar negeri bisa meningkatkan keamanan maupun kemudahan bertransaksi? Jika Anda gemar berkeliling ke seluruh dunia, atau Anda sering berpergian ke luar negeri untuk keperluan bisnis, maka mandiri kartu kredit menjadi sebuah kebutuhan esensial — tidak hanya untuk booking tiket pesawat, hotel dan tiket wisata, tapi juga untuk menikmati fasilitas dan fitur lainnya, seperti reward point, asuransi perjalanan, dan nilai tukar kurs terbaik.

Uang tunai mungkin adalah salah satu cara paling mudah untuk membiayai pengeluaran saat di luar negeri. Namun, memegang terlalu banyak uang tunai tidaklah aman, karena banyak turis menjadi sasaran pencurian, perampokan, atau pencopetan. Selain itu, jika Anda kehabisan uang tunai, daripada menarik tunai dari ATM atau menukarkan uang di money changer, mandiri kartu kredit adalah alat pembayaran yang efisien karena menjadi mata uang universal saat bertransaksi di negara mana saja.

Meski begitu, sebelum Anda berangkat dan saat Anda travelling, ada hal-hal yang perlu dipersiapkan agar transaksi mandiri kartu kredit Anda di luar negeri tetap aman dan mudah:

  1. Sebelum Anda berangkat, hubungi bank Mandiri mengenai rencana travel Anda, termasuk jangka waktu dan tujuan perjalanan untuk menghindari pemblokiran kartu kredit karena diduga adanya transaksi mencurigakan dari luar negeri.

  2. Pastikan tagihan mandiri kartu kredit sudah dibayar untuk memaksimalkan limit kartu kredit. Bila perjalanan Anda cukup lama, Anda juga bisa mengajukan penambahan limit sementara ke bank.

  3. Jangan lupa mengecek dangan seksama tanggal berlaku mandiri kartu kredit Anda. Kartu kredit yang sudah lewat tanggal berlakunya tidak akan bisa dipakai.
  4. Catatlah nomor mandiri kartu kredit dan nomor call center Mandiri untuk menjaga-jaga jika kehilangan kartu kredit atau muncul masalah saat bertransaksi.

  5. Saat travelling, gunakan mandiri kartu kredit hanya untuk pembayaran yang nominalnya cukup signifikan. Jika tidak terlalu mahal, sebaiknya pakai uang tunai saja supaya tagihan mandiri kartu kredit Anda lebih mudah dipantau. Simpanlah semua bon/struk transaksi yang dibayar dengan kartu kredit.

  6. Jangan melakukan transaksi penarikan tunai dan pembayaran di ATM atau toko/merchant yang tidak dipercaya. Juga, perhatikan ketika kasir memegang mandiri kartu kredit Anda untuk mencegah adanya pencurian data atau transaksi yang tidak diotorisasi.

  7. Rahasiakan Card Security Code/CVV (3 digit angka di belakang kartu) dan PIN kartu kredit Anda.

Trip Anda ke luar negeri akan lebih praktis dengan adanya mandiri kartu kredit Skyz yang menawarkan nilai tukar kurs rendah, 2x fiesta poin, dan asuransi kecelakaan perjalanan, diantara lainnya. Belum punya kartu kredit? Cari mandiri kartu kredit yang sesuai dengan aktivitas Anda disini.