Frequently Asked Questions (FAQ) Corporate Card – Kopra Cash Management (MCM 2.0)

Frequently Asked Questions (FAQ)

Corporate Card – Kopra Cash Management (MCM 2.0)


Corporate Card di Kopra Cash Management merupakan menu atau fitur untuk melakukan pembayaran, monitor, maupun pengunduhan tagihan kartu kredit jenis Mandiri Corporate Card.

Beberapa keuntungan fitur Corporate Card yang didapat oleh pengguna Kopra Cash Management adalah:

  • Credit Card Overview: Dashboard infografis yang menampilkan ringkasan, posisi, maupun saldo dari Corporate
  • Credit Card Statement: Menu untuk melihat detil tagihan secara terkonsolidasi maupun detil masing-masing kartu kredit serta pilihan untuk mengunduh dalam bentuk format PDF maupun XLS
  • Expense Analysis: Dashboard yang merincikan tipe pengeluaran pada kurun waktu Breakdown pengeluaran ini menyajikan infografis berbentuk pie chart serta tabel yang menunjukkan tipe, frekuensi, dan jumlah pengeluaran dari kartu kredit dan dapat diunduh dalam bentuk PDF maupun XLS.
  • Credit Card Payment: Menu untuk melakukan pembayaran tagihan dari Corporate Card. Metode pembayaran bisa dilakukan secara full payment atau input secara manual jumlah pembayaran yang diinginkan.

Semua Nasabah yang memiliki Kopra Cash Management dan Mandiri Corporate Card.

  1. Nasabah email ke corporate_card@bankmandiri.co.id (Helpdesk Corporate Card) untuk request informasi Corporate Card ID.
  2. Helpdesk Corporate Card akan memberikan informasi:
    1. Corporate Card ID;
    2. Corporate Card Name;
    3. Work Unit (Satker); dan
    4. Hierarchy Work Unit (Satker)
      kepada Nasabah (Request jam 08:00 - 14:00 WIB akan diinformasikan hari H. Setelah 14:00 WIB akan diinformasikan H+1 hari kerja).
  1. Nasabah mengisi form MCM, checklist box “Lainnya/others” pada bagian Layanan Khusus/Special Services, dan melampirkan informasi body email yang sudah diberikan oleh Helpdesk Corporate Card pada lampiran form.
  2. Nasabah menghubungi Cabang terdekat atau tim Transaction Banking pada masing- masing wilayah di Bank Mandiri untuk menyerahkan form MCM

Ya. Sysadmin perlu mengelompokkan Corporate Card yang sudah terdaftar di menu Corporate Card Group, menghubungkan Corporate Card Group yang sudah terbuat ke User Group yang diinginkan, serta mencentang menu-menu Corporate Card pada User Group tersebut.

Ya. User yang telah diberikan akses oleh Sysadmin bisa melihat detil mutasi transaksi dari Corporate Card.

Tidak. Apabila ada transaksi di hari H, mutasi, limit, dan saldo pada Corporate Card akan ter-update pada Kopra Cash Management di H+1.

Tidak perlu. Jika Corporate Card ID sudah terdaftar di Company ID Nasabah, kartu kredit baru yang terdaftar dalam satu Corporate Card ID atau Work Unit (Satker) yang sama akan otomatis muncul di Sysadmin. Nasabah hanya perlu melakukan pengaturan Sysadmin di menu Corporate Card Group.

Tidak. Saat ini Rekening VA (Virtual Account) belum bisa menjadi Rekening Sumber pembayaran di menu Credit Card Payment. Namun, Nasabah yang hendak membayar menggunakan rekening VA dapat mengunduh tagihan Corporate Card pada menu Credit Card Statement dan menggunakan menu Single Bill Payment atau Multiple Bill Payment untuk pembayaran menggunakan rekening sumber VA.