FAQ Konversi Kartu Kredit Co-Brand BTN

Latar Belakang

Bank Mandiri dan Bank BTN tidak lagi melanjutkan kerjasama penerbitan dan pemasaran Kartu Kredit Co-Brand BTN yang akan berakhir pada tanggal 31 Desember 2020, dengan penghentian kerjasama ini maka kartu kredit Co-brand BTN-Mandiri akan dikonversi ke kartu kredit regular Mandiri.

 

Periode Konversi

Konversi Kartu Kredit Co-brand BTN akan dilakukan mulai 5 Januari 2021.

Pemegang Kartu Kredit Co-brand BTN akan menerima informasi konversi dalam bentuk SMS dan/atau email pada bulan November 2020.

 

Peserta Program

  1. Peserta program adalah seluruh pemegang kartu kredit co-brand BTN dalam kondisi lancar (tidak ada tunggakan). BIN kartu kredit co-brand BTN :

    Jenis Kartu

    BIN

    BTN Classic

    4375-27

    BTN Gold

    4375-28

    BTN Platinum

    4375-29

  2. Pemegang Kartu Kredit Co-Brand BTN yang tidak bersedia untuk mengikuti program konversi ini dapat menghubungi Layanan Helpdesk cobrand BTN selambat-lambatnya hingga 4 Januari 2021.
  3. Apabila nasabah memiliki tagihan/saldo kredit di Kartu Kredit Co-Brand BTN nya dan nasabah tidak bersedia untuk mengikuti program konversi ini, maka nasabah harus melunasi seluruh tagihan nya terlebih dahulu sebelum dilakukan penutupan kartu. Pelunasan tagihan dilakukan sebelum tanggal 4 Januari 2021. Jika pelunasan belum dilakukan hingga batas waktu yang ditentukan, maka akan diikutsertakan dalam program konversi kartu kredit cobrand BTN.
  4. Apabila setelah tanggal 4 Januari 2021, pemegang kartu kredit cobrand BTN, tidak menghubungi layanan helpdesk cobrand BTN, maka akan diikutsertakan dalam program konversi kartu kredit cobrand BTN.

 

Alur Proses Konversi

Alur proses konversi disesuaikan dengan masing-masing kondisi pemegang kartu sebagai berikut:

  1. Pemegang kartu kredit co-brand BTN yang telah memiliki kartu kredit reguler Mandiri
    1. Bank Mandiri akan memindahkan tagihan kartu kredit co-brand BTN ke kartu kredit reguler yang berstatus lancar dan merupakan salah satu dari kartu berikut :

      Visa

      MasterCard

      JCB

      Classic / silver

      Everyday

      Precious

      Gold / Gold Golf

      SKYZ

       

      Platinum / platinum golf

      Fengshui

       

      Signature / Signature Golf

      Pertamina

       

      Pemilihan kartu kredit penampung tagihan dilakukan oleh Bank, pemegang kartu tidak dapat memilih kartu mana yg akan digunakan sebagai penampung tagihan.

      Jika pemegang kartu kredit co-brand BTN memiliki kartu kredit selain dari table di atas (misal : Traveloka, Hypermart, IBI), maka akan diterbitkan kartu baru dan tagihan akan dipindahkan ke kartu baru tersebut.

      Pemblokiran kartu kredit co-brand BTN dan pemindahan tagihan akan dimulai pada tanggal 5 Januari 2021, dengan sebelumnya akan dilakukan pengiriman SMS kepada pemegang kartu yg menginformasikan bahwa kartu kredit co-brand BTN akan dilakukan pemindahan dan pemblokiran.

      Status

      Wording

      Pengiriman SMS

      Nasabah memiliki CC Mandiri & tidak memiliki tagihan

      Nasabah Yth. KK cobrand BTN Anda akan ditutup efektif 5Jan21. Utk menjaga kenyamanan trx Anda, gunakan terus Mandiri Kartu Kredit Anda. Info: bmri.id/BTN

      12 & 13 November 2020

      Nasabah memiliki CC Mandiri yang aktif & memiliki tagihan

      Nasabah Yth. KK cobrand BTN Anda akan ditutup efektif 5Jan21. Utk menjaga kenyamanan trx, tagihan Anda kami pindahkan ke Mandiri Kartu Kredit. Info: bmri.id/BTN

      Nasabah memiliki CC Mandiri yang tidak aktif & memiliki tagihan

      Nasabah Yth. KK cobrand BTN Anda akan ditutup efektif 5Jan21. Utk pemindahan tagihan&menjaga kenyamananAnda akan kami terbitkan KK Mandiri utk Anda. bmri.id/BTN

    2. Untuk pemegang kartu kredit co-brand BTN yang menerima broadcast SMS atau email, dimana kondisi kartu kredit co-brand BTN nya tidak memiliki tagihan (outstanding) namun tetap menerima SMS broadcast atau email, untuk case ini apabila pemegang menghubungi mandiri call 14000, maka disampaikan untuk mengabaikan informasi “pemindahan tagihan” tersebut. Namun proses pemblokiran kartu kredit co-brand BTN tetap akan dilakukan.

     

  2. Pemegang kartu kredit co-brand BTN yang belum memiliki kartu kredit reguler Mandiri
    1. Bank Mandiri akan menerbitkan dan mengirimkan Mandiri Kartu Kredit Signature / Platinum / Gold pada periode 7- 28 Februari 2021. Jenis kartu menyesuaikan dengan informasi penghasilan pemegang kartu yang tercatat di sistem Bank Mandiri.
    2. Untuk kartu kredit baru yang diterbitkan tersebut akan diberikan gratis iuran keanggotaan selama 1 tahun, adapun untuk tahun ke-2 (dua) besarnya iuran keanggotaan adalah sebagai berikut :

      Jenis Kartu

      Iuran Keanggotaan / tahun

      Basic

      Supplement

      Mandiri Kartu Kredit Signature

      Rp 900.000

      Rp 450.000

      Mandiri Kartu Kredit Platinum

      Rp 500.000

      Rp 250.000

      Mandiri Kartu Kredit Gold

      Rp 300.000

      Rp 150.000

    3. Pemblokiran kartu kredit co-brand BTN dan pemindahan tagihan akan dimulai pada tanggal 5 Januari 2021, dengan sebelumnya akan dilakukan pengiriman SMS kepada pemegang kartu yg menginformasikan bahwa kartu kredit co-brand BTN akan dilakukan pemindahan dan pemblokiran.

      Status

      Wording

      Pengiriman SMS

      Nasabah tidak memiliki CC Mandiri & Tidak memiliki tagihan

      Nasabah Yth. KK cobrand BTN Anda akan ditutup efektif 5Jan21. Utk menjaga kenyamanan trx Anda akan kami terbitkan Mandiri Kartu Kredit Baru. Info: bmri.id/BTN

      12 & 13 November 2020

      Nasabah tidak memiliki CC Mandiri & memiliki tagihan

      Nasabah Yth. KK cobrand BTN Anda akan ditutup efektif 5Jan21. Utk pemindahan tagihan&menjaga kenyamananAnda akan kami terbitkan KK Mandiri utk Anda. bmri.id/BTN

    4. Proses aktivasi kartu melalui Mandiri call 14000
      • Apabila pemegang kartu melakukan aktivasi melalui Mandiri call 14000 maka akan diproses pengaktifan kartu seperti proses yang berlaku.
      • Agent Mandiri Call 14000 akan menginformasikan kepada pemegang kartu bahwa akan dilakukan proses penutupan kartu kredit co-brand BTN dan proses pemindahan tagihan (jika ada), apabila pemegang kartu memiliki tagihan rutin yang bersifat OFF US (yang tidak di debit dari merchant kerjasama Bank Mandiri), maka pemegang kartu disarankan untuk menghubungi pihak penerbit tagihan untuk menginformasikan nomor kartu barunya.
      • Setelah proses pengaktifan kartu dilakukan, agent Mandiri call diharuskan untuk melakukan :
        1. Blokir kartu dan proses penutupan kartu kredit co-brand BTN (tanpa dilakukan retensi)
        2. Proses pemindahan tagihan kartu kredit co-brand BTN ke kartu baru yg telah diaktivasi (jika ada tagihan)
    5. Bank Mandiri berhak untuk membatalkan proses penerbitan Mandiri Kartu Kredit baru tanpa pemberitahuan sebelumnya apabila dikemudian hari tingkat kolektibilitas pemegang kartu menurun (terdapat tunggakan pada kartu kredit co-brand BTN). Dengan demikian, tagihan yang masih terdapat pada Kartu kredit co-brand BTN harus tetap diselesaikan dan untuk selanjutnya akan dilakukan proses penutupan.

     

  3. Pemegang kartu kredit co-brand BTN yang memiliki tunggakan (NPL)

    Untuk kartu yang memiliki tunggakan tidak akan dilakukan pemindahan tagihan dan akan ditindaklanjuti sesuai ketentuan dan kewenangan yang berlaku di Bank Mandiri.

     

  4. Pemblokiran/penutupan dan pemindahan tagihan kartu kredit co-brand BTN

    Kartu kredit co-brand BTN milik nasabah, akan secara otomatis kami blokir/tutup dan dilakukan pemindahan tagihan (apabila ada), setelah nasabah melakukan aktivasi pada Mandiri Kartu Kredit Reguler yang diberikan Bank Mandiri. Batas waktu untuk nasabah melakukan aktivasi pada Mandiri Kartu Kredit Reguler yaitu hingga 31 Maret 2021. Apabila setelah batas waktu tersebut nasabah belum melakukan aktivasi, maka Bank Mandiri akan melakukan pemblokiran/ penutupan kartu kredit co-brand BTN milik nasabah.

     

  5. Batas waktu penukaran (redemption) Prima Point

    Pengajuan Penukaran (redemption) Prima Poin maksimal 31 Desember 2020, Prima Poin otomatis hangus (tidak berlaku) apabila nasabah melakukan penukaran prima poin melewati batas waktu yang telah ditentukan.

     

  6. Operasional Layanan Helpdesk cobrand BTN

    Layanan co brand BTN melalui 1500355 (nasabah), 021-529997655 (cabang) dan email heldesk.cobrand_btn@bankmandiri.co.id efektif ditutup pada tanggal 31 Maret 2021. Selanjutnya dapat menghubungi Mandiri Call 14000

 

Informasi lebih lanjut

Layanan co brand BTN melalui 1500355 (nasabah), 021-529997655 (cabang) dan email heldesk.cobrand_btn@bankmandiri.co.id

Mandiri Call 14000

Bmri.id/BTN